Kamis, 11 Desember 2008

feNomeNa Mailing List

Kekuatan komunitas/Mailing list

1:08 PM on 21 July 2008

Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, tentu kita sudah pernah mendengar peribahasa klasik tersebut. dan artinyapun tidak perlu saya jelasin lagi disini. Terus apa hubungannya dong antara komunitas/mailing list dengan peribahasa klasik tersebut ?....

Kalau kita cermati beberapa tahun terakhir ini, semenjak penggunaan internet sudah semakin meluas fenomena mailing list ataupun munculnya klub/komunitas-komunitas tertentu juga semakin banyak. Khusus dalam tulisan ini saya membatasi komunitas yang terbina dalam bentuk mailing list atau forum. Secara umum selain kesamaan tujuan atau kebutuhan, kemudahan akses internet baik akses melalui kantor maupun akses pribadi dirumah/warnet/others yang membentuk lahirnya komunitas-komunitas tersebut.

Pada dasarnya tujuan membentuk mailing list ini diantaranya:

1. sosialisasi sesama anggota yang memiliki interest yang sama

2. berbagi ilmu/tips/teknologi/pengalaman

3. lahan bisnis

4. mencari solusi atas persoalan yang sama, berulang maupun baru

5. koleksi sesuatu

Secara pribadi saya merasakan banyak manfaat khususnya terkait no 1, 2 & 4. Sebagai contoh saat merenovasi rumah saya banyak inputan terkait pengurusan IMB, mencari material alternatif yang murah tetapi bagus, contoh2 model rumah dsbnya dari mailing list tabloidrumah.

Khusus pengguna kendaraan bermotor saya sarankan untuk ikut ke mailing list kendaraan yang dimiliki karena ada beberapa manfaat khusus, diantaranya:

· mengetahui +/- kendaraan yang dimiliki

· menemukan solusi jitu jika ada problem dengan kendaraan

· mendapatkan rujukan bengkel/toko onderdil yang murah tetapi berkualitas

· dll

Bagi perusahaan/pengusaha/produsen milist2 ini juga memiliki manfaat, diantaranya:

· mendapat masukan berharga untuk perbaikan produknya

· promosi/jualan

· maintain pelanggan/pengguna produknya

Berikut ini saya coba sampaikan daftar beberapa mailing list yang saya ketahui:

1. gadtorade@yahoogroups.com jual beli khusus gadget seperti HP/IPOD/Console Game/Audio

2. indowli@yahoogroups.com membahas seputar dunia/teknologi wireless, mau tahu soal RT/RW Net, Wifi dll disini tempatnya

3. tabloidrumah@yahoogroups.com awalnya dari tabloid rumah banyak membahas seputar rumah, material alternatif, metode alternatif pondasi, misal cakar ayam, borepile dll, teknik mengecat, cara mengurus IMB dsb

4. jalansutra@yahoogroups.com nah yang hobby makan disini tempatnya, membahas seputar makanan, lokasi, review, harga dsb. Tetapi khusus untuk kaum muslim harap lebih teliti dalam memfilter makanan2 yang dibahas khususnya terkait halal/haramnya

5. indocell@yahoogroups.com membahas seputar dunia seluler di indonesia

6. id-blackberry@yahoogroups.com terkait teknologi blackberry termasuk jual-beli

7. Fleamarket-Indonesia@yahoogroups.com dirintis oleh Wienarto Rasul berdasarkan pengalamannya di Wina Austria dimana disana marak pasar jual-beli barang bekas berkualitas, beliau merintis Pasar Flohmak di sekitar BSD dan dalam waktu dekat akan buka di KaliMalang

8. big-reds@yahoogroups.com milist penggemar Liverpool di Indonesia (yeahhhhh viva Torres)

9. Khusus untuk dunia otomotif sangat banyak milist yang ada, bahkan untuk 1 merk/type mobil bisa terdapat beberapa milist. Berikut diantaranya:

· timor-er@yahoogroups.com untuk Timor/KIA Sephia

· axic@yahoogroups.com untuk Avanza/Xenia

· ndci@yahoogroups.com untuk Nissan/Datsun

· nissan-serena@yahoogroups.com untuk Nissan Serena

· mobilku_hyundai@yahoogroups.com untuk Hyundai all model

· tkcc@yahoogroups.com untuk sang legenda Toyota Kijang

· id-moc@yahoogroups.com untuk Mitsubishi

· honda-civic-indo@yahoogroups.com untuk Honda Civic yang awal terbentuknya sempat diketuai seorang wanita

· mazda-indo@yahoogroups.com untuk Mazda

· dll

http://blog.kongkoow.com/Kopi/blog/121/

1 komentar:

MasTop mengatakan...

TUGAS PENGGANTI PERTEMUAN KULIAH: TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Sifat: Kelompok (Sesuai kelompok blog)

1. Bentuk tugas: resensi film bertema teknologi komunikasi
2. Setiap kelompok membuat resensi/ulasan tentang film ber-genre teknologi komunikasi modern (penggunaan komputer, handphone, televisi, radio, dan sebagainya oleh para aktor/aktris)
3. Judul dan asal negara film tidak dibatasi, dapat film Indonesia atau Hollywood dengan ketentuan film tersebut beredar di pasaran antara tahun 1992 – 2008. Story dalam film tersebut cukup kentara menggunakan salah satu atau beberapa teknologi modern sebagai menu penting tayangan. Sebagai contoh: film berjudul National Treasure, Die Hard, You’ve Got Mail dan sebagainya.
4. Aspek yang dianalisis adalah: jenis teknologi apa saja yang diperagakan, bagaimana cara penggunaan teknologi itu dalam film, untuk tujuan apa ia dipergunakan, apakah penggunaan teknologi dalam film tersebut bersifat negatif atau negatif? Berikan alasannya!
5. Resensi diketik rapi 1,5 spasi, times new roman, font 12 sepanjang minimal empat halaman dan maksimal enam halaman (belum termasuk daftar pustaka dan cover). Referensi yang diacu dalam penulisan resensi film ini dapat berupa artikel pada sumber internet dengan jumlah minimal 4 artikel (wajib dicantumkan 4 alamat web yang menjadi sumber tulisan terkait).
6. Resensi dimuat pada blog masing-masing kelompok dan sudah dapat diakses pembaca/blogger paling lambat Sabtu, 17 Januari 2009 pukul 16:00 WIB dan wajib pula dikirim ke alamat imel: mcateneo@gmail.com
7. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan kepada dosen pengampu.